Tingkatkan Kompetensi SDM, PSITP Gelar Sosialisasi Pelayanan Prima dan E-Form ISO 9001:2015
Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas pelayanan, PSI Tanaman Pangan helat Sosialisasi Pelayanan Prima bagi seluruh pegawai lingkup PSI Tanaman Pangan dan Sosialisasi Penggunaan E-Form Pelaiyanan Internal PSI Tanaman Pangan yang merupakan implementasi dari pelaksanaan Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (23/10)
Kepala PSI Tanaman Pangan, Dr. Ir. Priatna Sasmita M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa salah satu tugas ASN adalah melayani masyarakat. Demikian pula dengan ASN PSI Tanaman Pangan, dengan jumlah pegawai lingkup PSI Tanaman Pangan sebanyak 336 orang. Pelayanan yang diberikan harus sepenuh hati sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan pegawai PSI Tanaman Pangan dapat memberikan pelayanan secara prima dan maksimal kepada semua pelanggan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
Ustad Obay sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa pelayanan kepada orang lain dimulai dengan pelayanan kepada diri sendiri dan keluarga. Apabila kita prima dalam melayani diri sendiri dan keluarga, maka akan prima pula pelayanan kita kepada orang lain/pelanggan di tempat kerja. Pelayanan merupakan salah satu bentuk bahasa cinta antar sesama. Dengan pelayanan yang sepenuh hati kepada pelanggan, maka pelanggan akan merasa puas sehingga meningkatkan value dan citra diri baik individu maupun unit kerja yang ditempati.
Narasumber lainnya Achmad Hermawan memaparkan materi mengenai Emotional Spiritual Service Quality (ESSQ). Materi ini mengupas bagaimana kita dapat memberikan pelayanan prima. Pengendalian emosi dan tindakan yang tepat akan menghasilkan pelayanan yang prima.
Sepuluh tips memberikan pelayanan prima yang dapat menjadi pedoman setiap pegawai adalah: 1) Berfikir positif dengan empaty dalam menghadapi setiap pelanggan; 2) Sabar dalam menghadapi masalah pelanggan; 3) Tenang dalam menghadapi pelanggan yang komplain; 4) Melayani dengan kejujuran; 5) Melayani dari hati/tulus/ikhlas; 6) Melayani secara konsisten; 7) Melayani dengan kesabaran; 8) Melayani dengan kegigihan; 9) Melayani dengan rasa hormat; 10) Melayani dengan keramahan dan senyum yang tulus.
Selanjutnya Sosialisasi penggunaan E-Form ISO 9001:2015 disampaikan pada sesi siang oleh Ketua Tim Kerja Kepegawaian dan Rumah Tangga, Happy Three Agustiwi SE. M.Si. Dijelaskan bahwa E-Form merupakan salah satu implementasi dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di PSI Tanaman Pangan. E-Form ini merupakan digitalisasi dari formulir mutu ISO 9001:2015 yang selama ini digunakan.
Beberapa formulir mutu yang sudah berintegrasi ke E-Form adalah sebagai berikut: a) E-Form Perbaikan Sarana dan Prasarana; b) E-Form Izin penggunaan Barang Inventaris; c) E-Form Peminjaman Kendaraan Dinas; d) E-Form Peminjaman Ruang Rapat; e) E-Form PPNPN Tidak Masuk Kerja.
Dengan e-form ini diharapkan pelaksanaan administrasi lebih efektif dan efisien sehingga mempermudah pegawai dalam proses pelaksanaan tugas kedinasan.